Tentang Tugas Akhir/Skripsi

Pembaruan terakhir: 2021-08-30 00:38:47

Catatan berikut ini adalah mengenai tugas akhir/skripsi. Sekalipun ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan dokumen panduan pada masing-masing institusi/perguruan tinggi, saya harap ini dapat dimanfaatkan untuk setidaknya menghindari masalah yang mungkin akan dihadapi.

Tulisan ini akan selalu diperbarui dan diperbaiki. Saya niatkan untuk membantu mempermudah para mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir dan skripsi. Ada hal-hal yang dianggap mudah bagi orang lain, tetapi bisa jadi akan menjadi hal baru dan tidak mudah bagi mahasiswa. 

  • Prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dan 4N (Niteni, Nirokke, Nambahi, Nemokke) baik untuk diterapkan dalam mengerjakan tugas akhir/skripsi. Artinya dimulai dari kemauan untuk banyak membaca. Buku, makalah, maupun tugas akhir/skripsi yang sudah dibuat orang lain. Secara umum artinya perlu untuk benar-benar mau belajar.
  • Jangan 'menjiplak habis' (menjiplak total) dari tugas akhir/skripsi lain. Sekalipun untuk Bab 2 (landasan teori/kajian pustaka/dasar teori). Pahami sumber yang dirujuk lalu tulis dengan kata-kata yang disusun sendiri (parafrasa/paraphrase). Untuk teori yang sudah umum (bukan hal yang sangat baru), akan lebih baik jika dapat langsung mengutip dari buku atau makalah atau dokumen yang dikeluarkan oleh produsen komponen/alat/sistem. Jika memang sangat diperlukan, bisa menggunakan kutipan panjang. Sebagai contoh beberapa panduan (IEEE style) berikut bisa dilihat (gunakan Google Translate jika diperlukan):
  • Secara umum, Bab 2, diperlukan untuk dapat mengerjakan bab-bab selanjutnya. Bab 2 juga disusun berdasarkan paparan di Bab 1. Artinya tidak perlu berpanjang lebar di Bab 2 jika tidak dipakai atau bahkan tidak penting untuk membantu pengerjaan dan pembahasan di bab-bab berikutnya.
  • Manfaatkan teori yang sering juga disampaikan/dikutip oleh produsen di materi pelatihan. Misalnya oleh ABB, Schneider, Siemens, General Electric, Eaton, APC. Ada berbagai bentuk dokumen, misalnya training manual, application note, user's guide, user's manual, white paper, datasheet, tutorial.
    Untuk mendidik pengguna (pelanggan), cukup banyak perusahaan besar yang menyertakan teori di materi pelatihan yang bisa di-download secara legal gratis.
  • Ingat untuk menyertakan dokumen yang diperlukan dari perusahaan pembuat komponen/alat/sistem di bagian lampiran. Untuk sistem elektronika, misalnya cantumkan datasheet. Sumber-sumber untuk memperolehnya sudah saya cantumkan di artikel ini. Mengenai cakupan apa saja yang dianggap perlu, silakan dikonsultasikan dengan Pembimbing Satu. Karena di 'zaman Internet' ini, lebih baik untuk tidak terlalu banyak menyertakan kertas datasheet tercetak (hard print).

...lanjutan...


You'll only receive email when they publish something new.

More from Sunu Pradana