Sumber datasheet

Kemampuan untuk membaca datasheet (sebagian sumber menulisnya sebagai data sheet) akan diperlukan di tingkat/situasi tertentu. Misalnya saat perlu untuk mencari komponen pengganti yang sepadan. Bisa juga saat seseorang sudah perlu untuk melakukan perancangan rangkaian dan menentukan komponen yang akan dipakai.

Untuk lulusan perguruan tinggi, kemampuan untuk membaca datasheet sudah harus perlu dimiliki. Karena itu di mata kuliah ELDA, kemampuan ini perlu dilatih mulai dari yang sederhana. Misalnya untuk diode penyearah di "Kutipan datasheet 1N4001 sampai 1N4007".

Tidak semua keterangan di datasheet perlu diketahui atau dipergunakan untuk satu saat tertentu. Ini ada kemiripan dengan hidangan makanan pada saat prasmanan (atau buffet), tidak semua makanan yang tersedia perlu dikonsumsi. Di datasheet terdapat parameter yang diperlukan pada satu saat, dan parameter lain yang mungkin akan diperlukan di saat lain.

Umumnya tiap perusahaan komponen juga menyediakan datasheet di web site mereka. Beberapa contoh perusahaan ada di daftar berikut: 

Selain perusahaan pembuat komponen/alat/sistem, distributor elektronik juga biasa menyediakan datasheet dari komponen yang dijualnya. Beberapa yang umum misalnya:

Untuk beberapa datasheet dari komponen lama yang mungkin sudah lebih sulit ditemukan di situs produsen, situs pencari berikut dapat dipergunakan:

Cara lainnya adalah dengan mempergunakan mesin pencari seperti Google atau Bing. Cara penggunaan mesin pencari sudah saya kutip di artikel berikut ini (link).


You'll only receive email when they publish something new.

More from Sunu Pradana