Menggunakan mesin pencari informasi di Internet


Di zaman dahulu saat kelompok-kelompok manusia masih bertahan hidup di padang rumput atau di dalam hutan, maka pengetahuan dan keterampilan mengenai bagaimana cara 'berurusan' dengan hewan predator utama adalah hal yang sangat penting. Bahkan hingga saat ini pun pengetahuan semacam itu masih tetap penting bagi masyarakat yang tinggal jauh dari daerah perkotaan dan lebih dekat ke alam liar.

Maka seperti dalam foto pria dari suku Maasai di atas, bagi mereka saat itu keahlian untuk berburu singa jauh lebih penting daripada (misalnya) keahlian pengoperasian spreadsheet seperti Microsoft Excel. Keahlian berburu dan melindungi diri dari singa terbukti penting untuk membantu suku mereka bertahan hingga era sekarang ini. Itu adalah kenyataan di lingkungan hidup mereka.

Lain lagi bagi mereka yang secara turun temurun sudah tinggal di daerah perkotaan besar. Kenyataan hidupnya berbeda dengan mereka yang tinggal secara tradisional di padang rumput. Keahlian hidup yang mereka perlukan tidak sama dengan misalnya para pejuang Maasai. Kalau orang-orang kota yang tidak pernah berada di alam liar dibawa ke padang rumput, mungkin jika tanpa bantuan maka mereka tidak akan mampu bertahan lama di alam liar. Mereka tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk hidup dan bertahan di sana. Begitu pun sebaliknya, berlaku sama.

Kalau anda sempat membaca artikel bagian kedua dari "Memanusiakan Robot, Merobotkan Manusia" maka anda akan sempat melihat beberapa contoh evolusi pekerjaan/aktivitas/sistem. Dengan perubahan sistem di zaman yang berbeda beberapa keterampilan tidak lagi sepenting di masa sebelumnya. Contohnya, keterampilan untuk pekerjaan fisik operator telepon manual dalam bentuknya dahulu tidak lagi diperlukan di 'zaman modern'.  Saat ini pengetahuan dan keterampilan untuk sistem digital menjadi penting, semakin jauh lebih penting daripada di masa sebelumnya.

Zaman berubah, tetapi kemampuan untuk beradaptasi tidak mudah untuk dimiliki. Karena itu jauh lebih mudah untuk tetap bertahan dengan cara pandang dan pola pikir yang lama. Sekalipun dalam jangka panjang akan dapat menyulitkan banyak orang. Bayangkan jika anda mempergunakan mobile phone ('hape') tetapi untuk sambungannya masih dilayani secara manual oleh operator telepon seperti cara zaman dahulu (cara kerja operator telepon tempo dulu bisa dilihat di video ini). 

MENCARI INFORMASI

Di dunia modern dengan kemajuan science, engineering, technology sekarang ini cara penyediaan dan penyebaran informasi sudah banyak berubah dari zaman sebelumnya. Teknologi digital dan Internet telah banyak mengubah cara manusia mengelola informasi. Maka pengetahuan dan keterampilan untuk mencari, membandingkan, dan memanfaatkan informasi menjadi sangat penting. Sama pentingnya dengan kemampuan untuk berurusan dengan singa di zaman dahulu di padang rumput.

Sering saya membaca bagaimana orang meremehkan skill untuk mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google. Padahal di dunia modern seperti sekarang ini sering terbukti bahwa banyak pekerjaan memerlukan informasi yang untungnya sudah tersedia untuk publik. Jika anda mengikuti bagaimana banyak coder, programmer, software developer bekerja anda akan menemui bahwa untuk menyelesaikan pekerjaan, mereka banyak mencari contoh penyelesaian masalah yang serupa di Internet. Untuk mencapai efisiensi penggunaan sumber daya, ada banyak hal-hal yang sama yang dapat dimanfaatkan berulang-ulang sehingga tidak perlu membuat yang sama sekali baru.

Ada beberapa contoh tulisan mengenai bagaimana para pemrogram profesional mempergunakan mesin pencari informasi. Misalnya, "Malas Membaca , satu alasan kenapa saya Gagal jadi Programmer", " Do Experienced Programmers Use Google Frequently? ", "How To Use Google Search as a Software Developer."

Meremehkan penggunaan mesin pencari dan pengetahuan untuk mencari informasi yang sesuai di Internet, sama artinya dengan menolak keterampilan yang sesuai dengan kemajuan zaman dan menghilangkan potensi manfaatnya. Sebanding dengan seandainya ada prajurit suku Maasai zaman dahulu yang menolak untuk berlatih cara untuk menghadapi singa. 

MANFAAT SEARCH ENGINE BAGI PELAJAR

Di alam semesta ini ada banyak informasi yang tidak dapat disajikan/disampaikan pada satu saat yang sama. Tidak bahkan dalam satu buku, setebal apa pun. Mengumpulkan dan merangkai informasi adalah bagian penting dalam kegiatan belajar. Seringkali informasi yang diperlukan tersebar di berbagai tempat, perlu dikumpulkan, disaring, dibandingkan, dan dihubungkan satu sama lainnya.



Satu informasi yang baru didapatkan, dipakai untuk melengkapi informasi lain yang sudah didapatkan sebelumnya. Begitu seterusnya, proses untuk melengkapi pengetahuan tidak berhenti. Mirip seperti menyusun kepingan-kepingan puzzle untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas dan utuh. Akan selalu ada informasi yang benar-benar baru, ada juga informasi yang merupakan pembaruan/perbaikan dari informasi sebelumnya. Pengetahuan bersifat dinamis, selalu berubah seiring waktu.   

Di zaman ini ada lebih banyak informasi yang tersedia, jauh lebih banyak dari yang tersedia di zaman sebelumnya. Saya telah mencoba merangkum dalam satu artikel mengenai bagaimana memanfaatkan Internet untuk belajar.

Sama seperti informasi yang didapatkan secara offline, informasi yang didapatkan secara online pun tidak selalu benar. Semakin unik/bidang khusus/lingkup terbatas suatu jenis informasi, maka akan semakin berisiko, yaitu apakah informasi itu benar atau tidak. Informasi yang diperlukan untuk proses pembelajaran dalam science, engineering, technology, umumnya bersifat publik. Karena itu informasi yang diperlukan umumnya tersedia lebih dari satu. Dengan begitu maka bisa lebih mudah untuk dibandingkan satu dengan yang lain.

Semakin berisiko suatu informasi, maka semakin perlu diperiksa silang dengan pembanding. Risiko bisa terjadi antara lain karena kita belum begitu akrab dengan informasi-nya. Sebaliknya semakin akrab dengan informasi yang ditemukan, semakin berkurang risiko kesalahan dan semakin sedikit informasi pembanding yang diperlukan. Contoh sederhana, anda tidak perlu mencari dan mengutip banyak sumber acuan untuk menyatakan bahwa Jakarta adalah D.K.I., masih menjadi ibu kota negara Indonesia. Ini adalah informasi publik yang sudah akrab anda ketahui, sehingga sangat kecil peluang keraguan tentangnya.

Risiko juga bisa berasal dari sumber informasi. Misalnya, anda ragu dengan kredibilitas satu sumber informasi. Rekam jejak sumber itu belum dapat menunjukkan bahwa ia adalah sumber yang terpercaya. Maka jika anda tidak akrab dengan isi informasi itu, anda perlu sumber pembanding. Gambar berikut di bawah ini bisa menjadi contoh. Jika ada tiga sumber terpisah yang masing-masing secara independen (tidak mengutip satu sama lain) menyatakan yang sama, maka akan lebih besar kemungkinan informasi yang disampaikan adalah informasi yang benar/faktual. Tentu saja tidak selalu absolut pasti demikian, tetapi kemungkinannya akan lebih besar.  


Pemeriksaan informasi dalam bentuk lain adalah jika terdapat beberapa sumber yang secara terpisah masing-masing mengutip sumber yang sama dengan hasil yang sama, maka dapat diduga kuat sumber tersebut menyampaikan informasi sebagaimana yang dikutip. Misalnya ada beberapa media massa dengan wartawan dan editor yang berbeda menyampaikan hasil wawancara dengan seorang. Jika ketiganya menyampaikan hal yang sama maka anda bisa lebih mempercayai informasi yang disampaikan adalah memang seperti isi wawancara.

Pemeriksaan informasi seperti ini terutama penting bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan laporan, termasuk laporan PKL dan Tugas Akhir/Skripsi. Tidak semua rujukan harus merupakan isi dari publikasi makalah/paper . Sering mahasiswa perlu untuk merujuk sumber-sumber lain, seperti dari perusahaan produsen atau penyampaian informal para praktisi. Maka sering kali diperlukan beberapa pembanding untuk suatu informasi.

Salah satu Wiki yang paling dikenal adalah Wikipedia. Sumber ini sangat baik terutama untuk penyampaian cepat, pengawalan, atau rangkuman. Tetapi untuk laporan akademik resmi, penggunaan Wikipedia disarankan untuk dihindari, bahkan umumnya dilarang untuk dipergunakan. Untuk laporan akademik, lebih baik untuk langsung mengutip mengacu pada sumber yang dijadikan acuan oleh artikel Wikipedia. Jika karena ada alasan kuat untuk tetap mengutip artikel di Wikipedia, hendaknya tidak merupakan acuan/kutipan tunggal. Ikuti dengan sumber-sumber lain yang lebih kuat yang menyatakan hal yang kurang lebih sama (sama dalam hal inti informasi) sebagai informasi pembanding.

Artikel di Wikipedia umumnya tidak dipakai sebagai sumber kutipan dalam laporan akademik karena dikhawatirkan isi artikel dapat dengan mudah diubah-ubah oleh beberapa orang yang memiliki akses. Untuk hal ini saya perlu memberikan catatan, bahwa tidak semua artikel di Wikipedia memiliki risiko yang sama (dalam hal diubah sembarangan tanpa cepat diketahui). Untuk artikel-artikel yang berpotensi untuk diakses oleh banyak orang, akan menjadi lebih mudah terdeteksi jika memang ada yang mengubahnya.  Contohnya adalah halaman voltage, Jakartapower electronics. Jika ada yang merusak informasi di halaman-halaman tersebut, akan mudah untuk terdeteksi. Berbeda dengan halaman yang isinya bersifat informasi khusus (misalnya lokal atau minim peminat) yang kemungkinan akan jarang dibaca banyak orang. Beberapa informasi menarik bisa dilihat di sini Wikipedia:Top 25 ReportWikipedia:Top 25 Report/RecordsWikipedia:Multiyear ranking of most viewed pages.

Bagi pelajar, apalagi bagi mahasiswa teknik (kerekeyasaan/engineering ), kemampuan untuk mencari informasi (termasuk informasi pembanding) adalah hal yang mutlak diperlukan di zaman ini untuk bisa menghasilkan karya yang baik. Wikipedia dapat dijadikan awal untuk mencari kata-kata kunci (keywords). Lalu kombinasi kata-kata kunci yang didapat dipakai untuk mencari informasi yang diperlukan dengan mempergunakan mesin pencari.

Bagi lulusan perguruan tinggi sudah harus bisa secara mandiri untuk mencari sendiri informasi publik yang diperlukannya. Tentu saja masih bisa meminta bantuan informasi awal (termasuk secara verbal) kepada orang lain sebagai awalan, tetapi selanjutnya perlu untuk dapat berusaha mencari sendiri. Kecuali memang informasi yang dicari adalah jenis informasi terbatas, sangat lokal atau bahkan privat. Beberapa forum dan grup di Internet dapat juga dikunjungi untuk mencari informasi yang spesifik, atau setidaknya mencari kata-kata kunci awal yang tepat dengan cepat untuk dipakai di mesin pencari. 

GOOGLE

Hal terpenting untuk menemukan informasi yang dicari adalah penggunaan kata-kata kunci yang tepat (keywords). Sering informasi yang diperlukan dapat ditemukan hanya dengan pencarian singkat yang tidak sampai 5 menit. Tetapi, kadang-kadang memang diperlukan kesabaran lebih banyak untuk menemukan informasi yang tepat. Bisa sampai satu jam atau lebih, tergantung pada keakraban kita dengan bidang informasi yang hendak dicari dan apakah informasi itu memang banyak tersedia secara publik.

Misalnya jika anda akrab dengan bidang elektronika, maka anda akan lebih mudah untuk menemukan informasi mengenai 555 yang anda perlukan. Angka 555 dalam kalimat tadi mengacu pada IC 555 yang telah lama sangat populer. Ada beberapa produsen berbeda yang membuat IC yang fungsi dasarnya sama, misalnya CA555, CA555C, LM555, LM555C, NE555. Dari informasi itu anda bisa mencari detail informasi spesifikasi komponen yang anda perlukan.

Proses untuk mencari kata-kata kunci yang lebih tepat dari halaman informasi awal yang ditemukan dengan kata-kata kunci awal akan terus berlangsung sampai informasi publik yang diperlukan ditemukan.  Misalnya dari awal dua kata kunci, anda menemukan 10 artikel. Dari artikel itu anda mendapat 4 kata kunci baru yang kemudian anda pakai untuk mencari artikel tambahan.

Kadang-kadang akan didapati bahwa di antara keywords yang dipakai ternyata terdapat sejumlah kata kunci yang tidak tepat untuk mencari informasi yang diperlukan. Semakin lama mencoba, kita akan semakin terampil untuk mempergunakan mesin pencari dalam menemukan keterangan yang kita perlukan. Sepanjang keterangan itu bukan informasi yang memang tergolong rahasia atau privat.


Salah satu mesin pencari di Internet yang banyak dikenal adalah Google, bahkan tampaknya adalah yang paling terkenal. Itu sebabnya ada istilah googling yang menjadi bermakna mencari informasi di Internet. Beberapa organisasi telah membuat infografik mengenai tata cara yang lebih presisi untuk mencari informasi dengan Google. Beberapa di antaranya dapat dilihat di gambar di bawah ini.



Untuk melihat apakah ada pembaruan pengaturan, bisa langsung memeriksa di situs Google.

Refine web searches

You can use symbols or words in your search to make your search results more precise.

  • Google Search usually ignores punctuation that isn’t part of a search operator.
  • Don’t put spaces between the symbol or word and your search term. A search for site:nytimes.com will work, but site: nytimes.com won’t.

Refine image searches

Overall Advanced Search

  1. Go to Advanced Image Search.
  2. Use filters like region or file type to narrow your results.
  3. At the bottom, click Advanced Search.

Search for an exact image size

Right after the word you're looking for, add the text imagesize:widthxheight. Make sure to add the dimensions in pixels.

Example: imagesize:500x400

Common search techniques

Search social media

Put @ in front of a word to search social media. For example: @twitter.

Search for a price

Put in front of a number. For example: camera $400.

Search hashtags

Put in front of a word. For example: #throwbackthursday

Exclude words from your search

Put - in front of a word you want to leave out. For example, jaguar speed -car

Search for an exact match

Put a word or phrase inside quotes. For example, "tallest building".

Search within a range of numbers

Put .. between two numbers. For example, camera $50..$100.

Combine searches

Put "OR" between each search query. For example, marathon OR race.

Search for a specific site

Put "site:" in front of a site or domain. For example, site:youtube.com or site:.gov.

Search for related sites

Put "related:" in front of a web address you already know. For example, related:time.com.

See Google’s cached version of a site

Put "cache:" in front of the site address.

Important: Not all search operators return exhaustive results. 


BING

Untuk keperluan dasar, mesin pencari Bing dapat dipergunakan sebagaimana kita mempergunakan Google. Untuk penggunaan yang lebih lanjut, dapat langsung membaca keterangan melalui beberapa tautan berikut.


You'll only receive email when they publish something new.

More from Sunu Pradana