Graphic tablet Huion H420 di Linux

Salah satu alat bantu belajar dan bekerja saya adalah graphic drawing tablet. Saya pakai yang sederhana saja karena hanya difungsikan untuk anotasi  dan catatanSetelah kembali ke OS GNU/Linux, saya perlu mencari ulang padanan software untuk dipergunakan dengan tablet itu.

Awalnya lupa tipenya, bisa dilihat di belakang bodi tablet lalu dicocokkan dengan tipe yang terdeteksi oleh Linux.

Cara memeriksanya bisa mempergunakan perintah dmesg. Hasilnya akan ditemukan seperti berikut ini.

[ 7344.509084] usb 2-2: new full-speed USB device number 2 using xhci_hcd

[ 7344.861987] usb 2-2: New USB device found, idVendor=256c, idProduct=006e, bcdDevice= 0.00

[ 7344.861991] usb 2-2: New USB device strings: Mfr=5, Product=6, SerialNumber=0

[ 7344.861994] usb 2-2: Product: H420

[ 7344.861996] usb 2-2: Manufacturer: HUION

SOFTWARE

Setelah hardware terdeteksi dan sudah didukung oleh kernel  maka berikutnya adalah mencari software yang bisa dipakai dan sesuai dengan alat Huion tersetbut. Setelah mencari-cari, alternatif yang saya temukan masih sama seperti beberapa tahun yang lalu di sistem GNU/Linux.

Yang pertama adalah Xournal. Masih sama seperti waktu lalu aplikasi ini masih yang paling baik yang bisa diperoleh secara gratis.


Selain masih tetap bisa mempergunakan keyboard di laptop, Xournal juga dapat dipergunakan dengan Huion H420 sebagai input. Selain untuk menulis dengan lembar seperti buku untuk catatan menggunakan tulisan tangan, Xournal juga dilengkapi dengan fasilitas untuk anotasi file PDF.


XOURNAL++

Versi baru daru Xournal adalah Xournal++. Meskipun ini versi yang lebih baru dan memiliki lebih banyak fitur, untuk keperluan saya tampaknya versi Xournal yang lebih cocok. Instalasi Xournal++ dengan Snap dapat diperoleh di sini.


Seperti terlihat di gambar, dengan peralatan yang sama dan setting yang default Xournal++ memiliki fasilitas untuk mendeteksi tingkat penekanan pada pena.  Seabgai contoh ini akan menghasilkan garis yang memiliki ketebalan yang berbeda-beda pula.

Tetapi untuk keperluan pencatatan saya yang sederhana, saya lebih menyukai cara penggunaan Xournal yang lebih sederhana.

P3X OneNote

Sebagaimana OneNote di sistem operasi Windows, P3X OneNote di Linux juga dapat dipergunakan dengan graphic tablet. Hanya saja, penggunaan P3X tidak secepat aplikasi Xournal.  


Master PDF Editor (free version)

Tablet Huion juga bisa dipakai di software Master PDF Editor seperti contoh berikut.  Sayangnya untuk versi pro, software ini berbayar.




You'll only receive email when they publish something new.

More from Sunu Pradana
All posts