Sekias tentang decoy effect

Ilmu rekayasa/kerekayasaan (engineering) yang kadang dikenal sebagai ilmu teknik berpeluang dianggap sebagai 'bahasan yang kering'. Ada banyak rumus/persamaan dan hafalan, ada banyak 'hitung-hitungan'. Kadang-kadang dapat seolah-olah seperti aktivitas mesin mekanis yang monoton. Padahal tidak harus seperti itu, ada banyak bidang yang memerlukan kemampuan ilmu rekayasa.

Sayangnya karena kemauan untuk membaca di Indonesia secara umum masih cukup rendah, terutama untuk membaca karya nonfiksi. Padahal di Internet ada banyak bahan belajar yang menarik tentang rekayasa sosial. Baik rekayasa sosial (social engineering) dalam pengertian sempit di bidang keamanan (jaringan) komputer maupun dalam pengertian yang luas secara umum.

Penerapan ilmu engineering technology tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial tempat ilmu itu akan diterapkan. Ilmu teknologi kerekayasaan tidak hanya diterapkan di lingkungan pabrik atau di lingkungan tambang mineral. Tetapi juga diterapkan di lingkungan industri dan bisnis lain. Termasuk di bisnis  yang terdapat aktivitas penjualan barang-barang untuk konsumen umum. Sebagai contoh, teknologi elektronik untuk pengendalian pencahayaan dapat membantu peningkatan penjualan.

Penerapan ilmu rekayasa untuk trik penjualan adalah salah satu yang dapat dibaca di Internet. Di zaman modern ini ada banyak pengetahuan yang tidak semuanya perlu untuk dihafalkan. Cukup dicari dengan keywords yang tepat, misalnya tentang decoy effect atau decoy price. Berikut ini beberapa rekayasa yang menarik untuk diketahui dan diwaspadai.

https://sketchplanations.com/the-decoy-price

https://aldoweekly.com/sales-tricks-psychology/


decoy-pricing-to-influence-sales

https://pony.studio/design-for-growth/decoy-effect

Untuk infografik yang lebih lengkap mengenai trik rekayasa psikologi yang dipakai untuk penjualan dapat dilihat sebagai berikut: 29 Psychological Tricks To Make You Buy More.



You'll only receive email when they publish something new.

More from Sunu Pradana